Selasa, 07 Maret 2017

apa itu Galanga

Galangal mungkin bahan yang paling misterius dari Kompon Kesembuhan BSI. Tapi itu tidak jarang. Bahkan berbagai bentuknya yang digunakan oleh jutaan orang Asia sehari-hari dalam memasak, serta dalam Jamu , atau obat tradisional.
Nama Galangal lebih generik daripada spesifik. Dan tidak seperti dengan pemasok dari ginseng dan seperti, sering digunakan untuk menyesatkan user / pembuat / pembeli untuk membeli produk siap pakai, hanya dalam menghindari kebingungan. Caranya adalah dengan menentukan bentuk Galangal adalah yang paling bermanfaat dalam pengobatan yang tepat.
Galangal adalah nama generik yang sering menggambarkan beberapa jenis akar keluarga jahe Zingiberaceae) , haling dari Asia Tenggara, yang semuanya tumbuh di Indonesia. Sebagian besar bentuk jahe memiliki kualitas anti-kanker, untuk berbagai tingkat dan kualifikasi.
Bahkan jahe, banyak tersedia di supermarket, dapat digunakan, tetapi dengan lebih ringan, hasil lebih lambat. Jahe dianggap sebagai universal "obat-semua" oleh sekte Hindu Ananda Marga .
Secara umum berbagai Galangal menyerupai atau berhubungan dengan jahe tapi rasa sedikit seperti jahe umum. Mereka tersedia hidup, kering, atau bubuk. Kami memilih untuk menggunakan akar hidup, dikeringkan dibawah sinar matahari, mereka, kemudian dihancurleburkan mereka menjadi bubuk. Bubuk akar adalah cara termudah dan paling efektif untuk menggabungkan dengan Zinc dan akar darah dalam penyusunan Black Salve, dalam segala bentuknya.
Kata Lengkuas , atau galanga dalam bahasa Indonesia, adalah nama umum untuk semua anggota genus Alpinia. Dan dalam penggunaan sehari-hari, juga dapat merujuk kepada setidaknya sembilan tanaman famili Zingiberaceae / jahe, semua yang tercantum di bawah ini.
Semuanya menampilkan kualitas yang sama, termasuk beberapa dengan sifat anti-kanker diucapkan. Akar yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda-beda penyembuhan, rasa, aroma. Semua digunakan dalam kuliner rasa dan obat rakyat, dan dalam produksi obat barat standar juga.
Selain dimasukkan dalam senyawa Hitam Salve, itu juga dapat ditambahkan, dalam jumlah yang lebih besar, untuk makanan. Sebagian besar ini membuat teh yang indah, dicampur dengan lemon dan madu. Efektif dalam dosis yang lebih kecil untuk Barat, dosis yang lebih besar mungkin diperlukan bagi mereka yang memasak dengan akar jahe setiap hari. Penambahan paling penting untuk makanan, dalam hal atas semua kualitas penyembuhan, mungkin kunyit.
Latin dan nama umum untuk berbagai akar dikenal sebagai Lengkuas, semua sub-genus dari Zingiberaceae : keluarga Jahe 


1) Alpinia Galanga Zingiberaceae: Greater Galangal, Laos, Lengkuas, Logosa, Chewing John, Little John.
2) Alpinia officinarum Zingiberaceae: The true Lesser Lengkuas (batang panjang). Juga dikenal sebagai Languas officinarum , minoris radix galanga, galanga, galanga lebih rendah, jahe Cina, jahe India Timur, akar kolik. China root, jahe Cina, akar kolik, East India radang selaput lendir hidung root, East India root, laos, gargaut, India root. Ingwer, galanganjuuri pieni, Liten galangarot, galanga. Sering bingung dengan kencur, di bawah ini.
3) kencur Zingiberaceae: Kencur, jahe pasir, jahe aromatik, kebangkitan lily (tidak ada batang). Sering bingung dengan Alpinia officinarum, di atas. Lengkuas TIDAK LEBIH RENDAH, tapi sering disebut di Indonesia.
4) Boesenbergia Pandurata Zingiberaceae:Kaempferia pandurata,boesenbergia rotunda, temu kunci, fingerroot.
5) Kaempferiae rotundae Rhizoma Zingiberaceae: Kunyit, kunyit putih, zedoary, white turmeric, ardong , kunir putih, konce pet, temu putri, temu rapet. kunci pepet.
6) Curcuma Rhizoma Zingiberaceae:
 Temu lawak, koneng gede, temo labak
7) Curcuma Aeruginisa Roxb Zingiberaceae: Temu irang, temu ireng, pink and blue ginger.
8) Curcuma Longa Zingberaceae: Cumin, curcumin, jinten, tumeric, kurkumin, kunyit, Natural Yellow No. 3.
9) Zingiber Aromaticum Zingiberaceae: Lempuyang, puyang
10) Curcuma Caesia Zingiberaceae: Kunyit Hitam, Kali haldi, black turmeric, black zedoary.

**************************
Tercantum di bawah ini adalah beberapa akar Zingiberaceae yang dapat digunakan dalam persiapan di BSI.
1)Alpinia galanga Zingiberaceae:
Laos atau Lengkuas,
Greater Galangal,
Logosa
Chewing John,
Little John.
Bahkan ini yang paling terkenal dari keluarga lengkuas penuh dengan kebingungan. Di Indonesia, baik besar dan kecil lengkuas disebut laos dan lengkuas. Kami lebih memilih untuk menyebut jenis jahe lengkuas yang lebih besar, alpina galanga, laos, dan lengkuas.
Laos atau lengkuas banyak digunakan sebagai bumbu dalam bahasa Jawa dan Thailand memasak, dan tersedia di sebagian besar pasar jalanan. Sering digunakan dalam obat rakyat Amerika. Dikatakan untuk bertindak sebagai afrodisiak, dan stimulan. Lengkuas mengandung flavinol disebut galangin.
  
laos / lengkuas akar ditandai dengan jeruk, aroma bersahaja, dengan petunjuk dari pinus dan sabun di rasa. Kulit merah muda yang mendukung cincin konsentris dan beberapa tunas sempit dari masing-masing root. Akar jari tipis memberi makan umbi utama. Laos bekerja di Black Salve, tetapi tidak bentuk yang paling ampuh Lengkuas.

Laos atau akar hidup lengkuas. Catatan beberapa tunas. Tumbuh panjang, umbi tipis, dekat permukaan.

Laos atau lengkuas pada pertumbuhan tiga bulan, selama musim kemarau.
***************************
2) Alpinia Officinarum Zingiberaceae:
Lengkuas sejati yang lebih rendah (batang panjang).
Also known as languas officinarum,
radix galanga minoris,
galanga,
Chinese ginger,
China root,
east Indian ginger,
east India catarrh root,
east India root,
galingale,
gargaut,
India root,
colic root,
ingwer,
pieni galanganjuuri.
Sering bingung dengan kencur, lebih lanjut di bawah.
Alpinia officinarum Zingiberaceae dikenal lebih untuk menyembuhkan sakit gigi, bau mulut, sakit kepala. Untuk pria mungkin membantu sebagai relaxer perineal, untuk menyusut wasir, dan untuk bersantai perut stres. Juga dikenal sebagai anti-oksidan yang efektif.
Diadaptasi dari: Tanaman Medis, Kimia dan Sifat . M. Daniel.
Berasal dari Cina, alpinia officinarum adalah ramuan abadi dengan tebal, merayap rimpang cokelat kemerahan, lanset acuminate daun hias dan bunga putih mencolok di racmes.
konstituen dari rimpang, obat, adalah minyak atsiri dan flavonoid. Minyak volitile, sebesar 1%, terdiri dari 1,8-cineole, a-pinene, b-pinene, metil sinamat, dll
flavanoids dilaporkan sekitar 14, termasuk quercetin, kaempferol, isorhamnetin, galangin, dan 3-OMe galangin.
lengkuas Lesser digunakan sebagai rempah-rempah dan karminatif.
*******************************
3) Kaempferia galanga zingiberaceae:
kencur.
sand ginger,
aromatic ginger,
resurrection lily (no stem).
Often confused with aAlpinia officinarum, above.
NOT LESSER GALANGAL, but often so-called in Indonesia.
Kencur kemungkinan besar Zingiberaceae yang lebih umum digunakan dalam kombinasi BSI, meskipun sering bingung dengan Laos dan Lengkuas di atas. Ketika meminta lengkuas di pasar, atau pemasok, varietas tertentu mungkin tidak ditawarkan.
********************************
4) Boesenbergia Pandurata Zingiberaceae:
Fingerroot.
kaempferia pandurata,
boesenbergia rotunda,
temu kunci,
Chinese ginger,
krachai

Photo Credit: http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Temu_kunci.png
temu telah dibuktikan berguna dalam pengobatan AIDS dan HIV. Juga merupakan antioksidan yang baik, anti jamur, anti tumor, anti mikroba, kemoterapi preventif, dan agen terapeutik terhadap prostat dan kanker lainnya. Meredakan perut kembung dan gangguan pencernaan. Memperkuat energi dan menstimulasi saraf.
Mengandung Alkaloid:
(tidak ada dianggap beracun jika dikonsumsi setiap hari)
pinostrobin
alpinetin
boesenbergin A
boesenbergin B
panduratin A
methoxychalcone
cardamonin
pinostrobin
pinocembrin
and more....
Beberapa fungsi biologis dari komponen temu juga telah terungkap. Sebagai contoh, Murakami et al. menemukan bahwa ekstrak temu dipamerkan in vitro antitumor-mempromosikan aktivitas oleh promotor tumor diinduksi Epstein-Barr assay aktivasi virus, dan prinsip aktif diidentifikasi sebagai cardamonin.
ekstrak metanol rimpang temu kunci dari menunjukkan efek antimutagenik yang kuat terhadap Trp-P-1 dalam tes Ames. Ekstrak metanol mengandung setidaknya enam senyawa aktif yang diduga menjadi chalcones dan flavanon atas dasar spektrum serapan UV dan kromatografi spektrometri massa cair.
(Japan International Center Penelitian Ilmu Pertanian (JIRCAS))
********************************
5) Kaempferiae Rotundae Rhizoma Zingiberaceae:
Kunyit Putih
zedoary,
kunci pepet,
temu rapet,
ardong (Java),
kunir putih (Sunda).
kacōramu (Telugu),
konce pet (Madura),
temu putri (Bali),
temu putih,
temu rapet (Java),
Rimpang
rempah-rempah yang sangat populer, jika memiliki banyak nama seperti halnya penggunaan dan piring. Sifat pahit dan dingin, penyembuhan luka bergizi dan anti-inflamasi, karminatif, dan kecepatan penyembuhan luka.
Kunyit putih diperkenalkan ke Eropa oleh orang Arab sekitar abad keenam, namun penggunaannya sebagai bumbu di Barat saat ini sangat langka, yang telah digantikan oleh jahe. Pabrik harum dikenakan bunga kuning dengan bracts merah dan hijau dan bagian batang bawah tanah besar dan tuberous dengan banyak cabang. Tunas daun Zedoary yang panjang dan bisa mencapai 1 meter (3 kaki) tingginya.
Akar dimakan dari kunyit putih memiliki interior putih dan aroma mengingatkan mangga, namun, rasa yang lebih mirip dengan jahe, kecuali dengan aftertaste sangat pahit. Di Indonesia itu adalah tanah menjadi bubuk dan ditambahkan ke kari pasta, sedangkan di India itu cenderung digunakan segar atau acar.
Kunyit putih juga digunakan dalam beberapa obat-obatan tradisional timur di mana ia terkenal sebagai bantuan untuk pencernaan, bantuan bagi kolik dan agen untuk memurnikan darah. Minyak esensial yang dihasilkan dari akar dikeringkan digunakan dalam parfum dan sabun fabrikasi, serta sebagai bahan dalam tonik pahit. Kunyit Putih juga digunakan dalam pengobatan Jamu tradisional, dan sebagai bumbu pedas di Jawa dan Bali memasak. Ini ditandai dengan daging putih dan cincin konsentris luas-spasi. Kunyit putih digunakan secara luas dalam kombinasi dengan pengobatan kanker di Indonesia.

Kunyit putih live root.
 Kunyit putih at three months growth, during dry season.
Kunyit putih sulit untuk tumbuh selama musim kemarau. Sebuah letusan gunung berapi baru-baru ini dari Jawa menyebabkan beberapa bintik daun, melawan arah angin, di Bali. Hujan asam alami membawa kedua nutrisi tanah dan kerusakan.
**********************************
6) Curcumae Rhizoma Zingiberaceae:
Temu Lawak,
koneng gede,
temo labak.
Temu Lawak adalah salah satu dari setidaknya tiga jenis jinten. Ketiganya datang dalam nuansa kuning yang berbeda.
Hal ini dapat berfungsi sebagai: Emenagogue, Laktagogue, diuretik, anti-inflamasi, anti-piretik, analgesik, regulator kolesterol, hepatoprotektor, antibakteri, dll
Temu Lawak digunakan dalam pengobatan tradisional Jawa untuk menyembuhkan berbagai bentuk kanker. Kualitas antibakteri secara efektif mengobati gangguan kulit banyak, termasuk jerawat dan eksim. Yang juga dikenal untuk meningkatkan dan menyembuhkan asma, diare, disentri, malaria, dan dalam mengendalikan stroke dan epilepsi.
Temu Lawak adalah "emenagog" dan antioksidan. Ini memperkuat pankreas dan meningkatkan stamina. Daftar panjang, terutama bila dikombinasikan dengan agen lainnya. Referensi kami terbaik pada subjek adalah buku pamflet: "Penyembuhan Temu Lawak", oleh Profesor H.M. Hembing Wijayakusuma. Buku Populer Milenia, Jakarta. Teks ini dalam Bahasa Indonesia.

Temu Lawak akar hidup.

Temu Lawak pada pertumbuhan tiga bulan, pada musim kemarau.
***********************************
7) Curcuma Aeruginisa Roxb Zingberaceae:
Temu Irang,
Temu Ireng.
Juga keliru dikenal sebagai jintan, salah satu dari setidaknya tiga varietas dengan nama ini. Ketiga varietas menghasilkan berbeda nuansa kuning.
Temu Irang dapat digunakan untuk menambah nafsu makan, menghilangkan cacing dan parasit dari pencernaan dan kulit, relaxer rahim tembuni bagi ibu. Dikenal juga sebagai obat untuk batuk berdahak, dan sebagai pereda nyeri haid. Berharga sebagai agen anti-jamur, untuk makanan dan dalam tubuh.
Varietas ini merupakan salah satu cumins anti-kanker kurang kuat, tapi masih memberikan manfaat.

Temu Irang akar hidup.

Temu Irang pada pertumbuhan tiga bulan, pada musim kemarau.
************************************
8) Curcuma Longa L. Zingberaceae
Tumeric
cumin,
curcumin,
jinten,
kurkumin,
kunyit,
Natural Yellow No. 3.
Hal ini juga bingung / dibandingkan dengan Curcuma Aeruginisa Roxb , dan Curcumae Rhizoma , yang semuanya dikenal sebagai jintan, mengandung phytochemical yang disebut jinten.
Dikatakan menjadi salah satu makanan super terbaik di dunia. Genus ini, Curcuma Longa L. Zingberaceae adalah lebih mudah tersedia di barat. Dari tiga cumins, ini mungkin yang paling umum digunakan dalam senyawa Hitam Salve. Ini tetap merupakan obat yang sangat efektif.
Kurkumin Panjang L. adalah kuat anti-karsinogenik. Yang luar biasa anti-inflamasi, antioksidan, dan saraf.
Beberapa sifat yang luar biasa (ada banyak lagi!):

anti-inflamasi
anti-karsinogenik (termasuk kanker prostat, payudara, ovarium, usus besar, dubur, kulit, dan melanoma)
anti-radang,
anti-psoriasis,
Agen chemoprotective - penetral radikal bebas,
anti-tumor - menekan pertumbuhan tumor,
antivirus,
anti-parasit,
depurative - mempromosikan ekskresi dan pembuangan bahan limbah,
anti-HIV - Menghambat Interleukin-1,
anti-amyloidogenic - pencegahan penyakit Alzheimer,
antioksidan,
anti-rematik
************************************
9) Zingiber Aromaticum Zingiberaceae:
lempuyang,
puyang

************************************
10) Curcuma Caesia Zingiberaceae:
kunyit hitam
kali haldi,
black turmeric,
black zedoary,
black ginger.




Artikel Terkait....

Artikel Tentang Temulawak. Rimpang temulawak mengandung xanthorrhizol, germakren, allo-aromadendren, tricyclin, dan isofurogermakren. Kurkumoid dan xanthorrizol adalah komponen yang paling aktif.

39 Manfaat Mengejutkan Jahe Untuk Kulit dan Kesehatan. Jahe dianggap sebagai 'jiwa dari obat' menurut Ayurveda karena berbagai manfaatnya untuk kesehatan. Efek terapiutik dan pencegahannya yang manjur membuatnya dapat digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit.

Lengkuas. Lengkuas adalah nama generik yang sering menggambarkan beberapa varietas dari keluarga jahe Zingiberaceae, obat penyembuh dari Asia Tenggara, yang kesemuanya tumbuh di Indonesia. Sebagian besar jenis jahe memiliki kualitas anti-kanker, untuk berbagai tingkat dan kualifikasi.

Alkaloid. Alkaloid memiliki nilai terapiutik yang signifikan dan sebagai pembentuk bahan dari banyak obat-obatan penting. Alkaloid juga terdiri dari racun nabati yang kuat dan obat penenang. Zat seperti kafein dan theobromin yang berkaitan erat dengan senyawa purin alami (zat yang dapat diubah menjadi asam urat dalam tubuh) yang biasanya dikategorikan sebagai alkaloid.

Kurkumin pada Kunyit Menghambat Sel Kanker Secara Alami. Kurkumin sebelumnya telah diketahui untuk mengurangi tumor sebesar 81%, yang juga telah dipercaya memiliki manfaat anti-kanker alami dari konsumsi kunyit dan kurkumin.

Akar Darah yang Digunakan dalam Compound BSI. Beberapa alkaloid penting terdapat di akar darah diantaranya sanguinarine, chelerythrine, dan protopine terkandung pada akar dan rimpang dari Sanguinaria canadensis. Berberin juga merupakan alkaloid penting yang ada pada akar darah.

Alkaloid Berberin dalam Obat-obatan BSI. Berberin menekan pertumbuhan berbagai jenis sel tumor termasuk kanker payudara, leukimia, melanoma, karsinoma epidermoid, hepatoma, kanker pankreas, kanker mulut, kanker lidah, glioblastoma, kanker prostat, dan kanker lambung. Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa berberin dapat menekan bahan kimia berkarsinogenesis, clastogenesis, penyebaran tumor, serangan tumor, kanker prostat, neuroblastoma, dan leukimia. Ia merupakan radiosensitizer bagi sel tumor, bukan bagi sel normal.

Sanguinarine. Jika dioleskan pada kulit, sanguinarine membunuh sel-sel dan dapat menghancurkan jaringan berpenyakit. Sebagai gantinya, luka pendarahan dapat menghasilkan kerang, yang disebut dengan Eschar. Untuk alasan ini, sanguinarine juga disebut dengan escharotic.

Master Indeks Artikel Kesehatan di BSI.International



Artikel terkait....

Mengapa Menjual Produk Alami Merupakan Bisnis yang Berbahaya Untuk memasarkan obat secara sah (yaitu zat yang diklaim dapat menyembuhkan, mencegah, mengurangi, atau mengobati penyakit), ia harus melalui proses persetujuan obat dari FDA yang panjang dan mahal. Pelanggaran apapun - yaitu setiap penjualan "obat" yang tidak disetujui oleh FDA - dapat menyebabkan penyitaan produk, larangan terhadap penjualan dan distribusinya, serta hukuman pidana, termasuk penahanan untuk produsennya.

Buah Sirsak 100 Kali Lipat Lebih Kuat Dalam Membunuh Kanker Daripada Kemoterapi. Di samping menjadi obat kanker, sirsak merupakan agen anti-mikroba berspektrum luas untuk infeksi bakteri dan jamur, efektif terhadap parasit internal dan cacing, menurunkan tekanan darah tinggi dan digunakan untuk meredakan depresi, stres, dan gangguan saraf.

Manfaat Kesehatan dari Cengkeh. Prinsip-prinsip yang aktif dalam cengkeh diketahui memiliki antioksidan, anti-septik, anestesi lokal, anti-inflamasi, rubefasien (menghangatkan dan menenangkan), bersifat karminatif dan anti-kembung.

Komprey. Menyembuhkan luka, dan membantu dalam tekanan darah tinggi, diabetes, dan banyak lagi.

Cardamonin, menghambat mediator pro-inflamasi pada sel RAW 264.7 yang diaktifkan dan seluruh darah. Cardamonin bertindak atas mediator pro-inflamasi besar.

Chelerythrine. Chelerythrine adalah alkaloid benzophenanthridine yang diekstrak dari tanaman Greater celandine (Chelidonium majus) dan dari akar darah (Sanguinaria canadensis). Ia adalah inhibitor protein kinase C yang kuat, selektif, dan sel-permeabel (dapat meningkatkan suasana hati dan bermanfaat bagi jantung, digunakan dalam beberapa obat anti-kanker).

Apa itu Nigella Sativa? (Jinten Hitam). Jinten hitam digunakan untuk mengobati kondisi gastrointestinal termasuk gas, mulas, diare, disentri, sembelit, dan wasir. Ia juga digunakan untuk gangguan pernafasan seperti asma, alergi, batuk, bronkitis, emfisema, flu, dan sesak. Selain itu ia digunakan sebagai antihipertensi, pelindung kekebalan tubuh, agen anti-kanker, dan vermifuge (zat yg dapat membunuh cacing usus)

Tentang Mangiferin BSI. Sejarah yang penuh warna dari mangiferin terjadi lebih dari 1000 tahun yang lalu, yang merupakan andalah dari pengobatan Cina, pengobatan Balean di Indonesia, dan obat etnik di Kuba.

Coptisine. Coptisine merupakan alkaloid yang ditemukan di benang emas Cina (Coptis chinensis). Ia juga ditemukan di Greater Celandine dan juga terdetiksi pada opium.

Keladi tikus / Typhonium flagelliforme (Lodd.) Bl. Jenis kanker yang dapat dihambat oleh keladi tikus ini diantaranya kanker payudara, nasofaring, hati, serviks, pankreas, prostat, paru-paru, dan banyak lagi. Selain kanker, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa keladi tikus dapat digunakan untuk orang yang memiliki kecanduan narkoba.

Buah dan Jus Mengkudu serta Manfaatnya. Noni meniru sekresi yang berasal dari kelenjar pineal, dan bahkan bertindak sebagai prekursor terhadap pineal, membangunnya, dan memungkinkannya untuk berfungsi sepenuhnya. Ia adalah analgesik atau pereda nyeri yang patut diperhitungkan.

California Poppy. California poppy mengandung protopine, yang serupa dengan morgin (namun dengan efek yang lebih ringan), sehingga menjadikannya sebagai obat penenang alami yang baik.

Penelitian: Bromelain Enzim pada Nanas Membunuh Kanker Tanpa Menewaskan Anda. Bagaimana bisa, sesuatu yang sepele seperti enzim dari batang/inti dari nanas lebih unggul dari obat yang oleh jutaan pasien kanker diharapkan menjadi penyembuh mereka, serta menghemat biaya miliaran dolar?

Manfaat Kesehatan dari Lidah Buaya. Tidak hanya mengandung vitamin B12, namun beberapa mineral lain yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Lidah buaya juga mengandung kalsium, protein, seng, magnesium, vitamen A dan E, germanium, asam lemak esensial dan asam amino. 

Duo Ajaib Untuk Pengobatan Kanker yang Menakuti FDA dan Pengobatan Konvensional : DMSO.Dimethil sulfoksida (DMSO), sebuah produk dari industri kayu, telah digunakan sebagai pelarut komersial sejak 1953. DMSO dapat membawa obat lain bersamanya untuk melintasi membran. Ia lebih sukses mengangkut beberapa obat, seperti morfin sulfat, penisilin, steroid, dan kortison, daripada obat lainnya, seperti insulin. Apa yang ia bawa bergantung pada berat, bentuk, dan elektrokimia dari molekulnya. Sifat ini memungkinkan DMSO bertindak sebagai sistem pengiriman obat baru yang akan menurunkan resiko infeksi yang terjadi setiap kali kulit ditembus.

Kapsul Gelatin. Ukuran dan bentuk dari kapsul gelatin.

Semua Tentang Seng. Seng merupakan elemen penting, yang diperlukan untuk mempertahankan semua kehidupan. Diperkirakan 3000 dari ratusan ribu protein di dalam tubuh manusia mengandung seng. Tanda-tanda kekurangan seng diantaranya rambut rontok, lesi kulit, diare, pembuangan dari jaringan tubuh. Kekurangan seng berkepanjangan dapat menyebabkan kematian. 

sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar